Wasit Final Liga Champions Antara Inter Vs Man City, Marciniak Terancam Diganti

Wasit asal Polandia, Szymon Marciniak sebelumnya resmi ditunjuk untuk memimpin laga final Liga Champions 2022/23 antara Manchester City dan Inter Milan.

Tetapi UEFA telah mengkonfirmasi bahwa Marciniak dapat diganti gara-gara menjadi pembicara utama di sebuah acara yang diselenggarakan oleh politisi sayap kanan Polandia.

Pertandingan Final Liga Champions musim ini akan berlangsung di Stadion Ataturk, Istanbul pada 11 Juni.

Marciniak telah ditunjuk sebagai pengadil untuk pertandingan akbar tersebut, tetapi La Repubblica dan The Guardian sekarang mengklaim jika UEFA sedang mempertimbangkan kembali pilihan mereka hanya beberapa hari sebelum kick-off.

Hal ini karena ada laporan yang menyatakan kalau Marciniak menjadi pembicara pada rapat umum yang diselenggarakan oleh politisi sayap kanan di Polandia, yakni Slawomir Mentzen, yang terkenal dengan pandangan homofobik dan anti-Semitnya.

Mentzen merupakan pemimpin partai Konfederasi, dikenal karena meluncurkan slogan politik anti Yahudi, gay, aborsi, perpajakan, dan Uni Eropa.

Pada tahun 2021 ia menjadi sorotan internasional sebagai produsen bir bernama White IPA Matters, yang mengejek gerakan Black Lives Matter.

Seperti diketahui, UEFA dan seluruh komunitas sepak bola membenci nilai-nilai yang dipromosikan oleh kelompok tersebut.

Anti-Semitisme adalah permusuhan, kebencian atau rasisme terhadap orang Yahudi sebagai kelompok ras, agama dan etnis, yaitu permusuhan terhadap orang Yahudi dan Yudaisme.

UEFA pun segera meminta klarifikasi dari Marciniak dan siap untuk membuat keputusan besok terkait apakah Marciniak tetap mewasiti laga Final Liga Champions atau menunjuk wasit lain untuk menggantikan perannya.

“Kami mengetahui tuduhan seputar Szymon Marciniak dan sedang mencari klarifikasi segera,” bunyi pernyataan UEFA.

“UEFA dan seluruh komunitas sepak bola membenci ‘nilai-nilai’ yang dipromosikan oleh kelompok tersebut dan menanggapi tuduhan ini dengan sangat serius,”

“Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan besok, setelah meninjau semua bukti.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*